Opini – Lingkungan Hidup

Revitalisasi Kemandirian Keluarga dari Hal Kecil

Opini – Lingkungan Hidup

Revitalisasi Kemandirian Keluarga dari Hal Kecil

Kemandirian dapat dimulai dari hal paling sederhana

Lagi, masalah mendera kita, harga bahan pangan keperluan sehari-hari melonjak tajam. Belum reda negara dan masyarakat dipusingkan oleh permasalahan bahan bakar gas LPG yang telah banyak menelan korban materiil dan jiwa, kini masyarakat dihadapkan pada lonjakan harga bahan pangan seiring memasuki bulan puasa ini.

Komoditi seperti cabai salah satunya yang menjadi sorotan utama, dari harga normal kini cabai telah mengalami lipatan harga  hingga ratusan persen, padahal cabai merupakan bahan masak yang sangat penting bahkan hampir pasti menemani santap kuliner di segala lapis masyarakat Indonesia tiap harinya.

Jika mau melihat dari satuan terkecil dari masyarakat yaitu sebuah keluarga, sebenarnya kita mempunyai sebuah potensi untuk mengatasi permasalahan bersama ini. Yaitu revitalisasi kemandirian keluarga melalui hal-hal kecil. Salah satunya, seperti menanam cabai di lingkungan keluarga sendiri. Memang tidak akan terlalu terlihat hasilnya, namun pastinya sedikit lebih dapat bermanfaat untuk lingkup keluarga tersebut.

Jika dihadapkan permasalahan keterbatasan lahan tanam yang mungkin dihadapi oleh masyarakat perkotaan padat penduduk, nampaknya kini telah banyak alternatif media tanam yang dapat dipakai seperti metode hidroponik dll. Semua hal tersebut hanyalah contoh kecil yang masih dapat dikembangkan lebih besar terutama bagi kesejahteraan keluarga dan mayarakat pada umumnya.

Setelah melihat potensi tersebut. Kini waktunya bergerak “mandiri” untuk kesejahteraan kita. Tidaklah bijak jika selalu bergantung pada kaki para wakil rakyat kita. Kita bisa berdiri di atas kaki kita sendiri yang diperlukan adalah semangat untuk memulai, di mulai dari hal yang kecil.

Mocha Majid, 2010

Mau tau tulisan saya selanjutnya?

We will process the personal data you have supplied in accordance with our privacy policy.