REVIEW – BISNIS – OPINI

Pengalaman Manis Bersama Nasmoco, Kian Terdepan Di Usia ke-59

REVIEW – BISNIS- OPINI

Pengalaman Manis Bersama Nasmoco, Kian Terdepan Di Usia ke-59

“Fantastik 59th Nasmoco Anniversary, Perjalanan Panjang Penuh Inspirasi Dealer Toyota Terbaik di Indonesia”

“Kalau tahu gitu, mending beli di Nasmoco aja dek mobilnya buat om tante.”

Itulah sepenggal kata-kata yang diucapkan oleh Mas Beni, kakak sepupu saya ketika mendengar keluh kesah setelah tahu keluarga di Malang baru saja mau beli mobil Toyota Agya, namun sayangnya dengan pengalaman yang kurang menyenangkan.

Rencananya seneng karena bisa membeli mobil untuk orang tua, eh justru berakhir ricuh karena kurangnya informasi serta tidak menjadi pembeli yang lebih teliti.

2 Toyota Agya Dengan 2 Kisah Berbeda

Pada artikel kali ini, saya ingin menyampaikan sebuah cerita terkait dengan pengalaman membeli mobil lewat dealer. Pengalaman ini semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat sehingga rekan-rekan pembaca sekalian bisa lebih teliti dan cerdas sebelum membeli. Efeknya tentu sukses mendapatkan mobil impian tanpa tersandung rasa penyesalan.

Yup, jadi ceritanya, pada awal tahun ini keluarga yang ada di kota Malang berencana membeli sebuah mobil untuk orang tua kami.

Pada waktu itu, yang jadi pertimbangan adalah mencari mobil yang tidak terlalu besar, ringkas namun tetap memiliki performa yang mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari. Hingga akhirnya, pilihan jatuh pada mobil Toyota Agya. Dengan dimensi yang tidak terlalu besar, Toyota Agya di rasa sangat pas mengingat space garasi rumah di Malang yang memang juga tidak terlalu lebar.

Permasalahannya, memang pada waktu itu pertimbangan terkait dengan tempat membeli mobil ataupun rekomendasi yang kami kumpulkan belum terlalu banyak. Lebih parah lagi kami cenderung terburu-buru dalam menentukan keputusan.

Sampai kami akhirnya memutuskan untuk membeli satu unit mobil Agya di salah satu show room mobil yang ada di kota Malang.

Awalnya senang pasti, namun pengalaman tersebut berubah menjadi kurang meng-enakan manakala ternyata proses pembelian mobil di dealer tersebut cukup berbelit-belit. Mulai dari masalah legalitas, surat-menyurat hingga proses pelunasan pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Nggak berhenti di situ, hal negatif lain ketika membeli mobil juga dirasakan karena pihak dealer yang saya rasa kurang bertanggung jawab terkait dengan pemberian bonus aksesoris dan beberapa pernak-pernik lain yang sebelumnya sudah dijanjikan. Plus biaya “tambahan” lain yang saya sendiri merasa heran dan terkesan kemahalan. 🙂

Sampai pada suatu saat, saya bercerita tentang pengalaman tersebut dengan kakak sepupu jauh yang ada di Jogja. Aneh tapi nyata, entah kebetulan atau gimana, ternyata kakak sepupu juga baru saja melakukan pembelian 1 unit mobil Toyota Agya. Ajaibnya type pun sama persis dengan yang ada di Malang. Amazing…hehe

Kami pun sama-sama kaget karena tidak menyangka baru saja membeli mobil yang sama.

Tapi… yang sama cuma mobilnya, pengalaman setelah membeli kedua mobil tersebut mah benar-benar bertolak belakang!

“Kalau tahu gitu, mending beli di Nasmoco aja dek mobilnya buat om tante”

Dan itulah yang diucapkan oleh kakak sepupu mendengar pengalaman buruk ketika mau beli mobil di salah satu dealer di kota Malang.

Pengalaman Manis Bersama Nasmoco

Dari situlah saya kemudian jadi kepo dan ingin mengetahui lebih dalam tentang pengalaman Mas Beni ketika membeli mobil lewat dealer resmi Toyota, Nasmoco.

Mas Beni menuturkan bahwa awalnya, ia dan istri memang sudah berencana untuk membeli mobil sejak pertengahan tahun lalu. Setelah mencari informasi serta mendalami keperluan yang disesuaikan dengan budget pembelian mobil, Mas Beni menjatuhkan pilihan pada unit mobil Toyota Agya model terbaru.

Gayung pun bersambut, ketika Mas Beni mendapatkan informasi tentang adanya pameran mobil bertajuk Toyota-Nasmoco Fantastik Festival yang diadakan di Mall Ambarukmo Plaza Jogja.

Ada event di akhir bulan Februari lalu itu, Mas Beni mendapat banyak informasi dan masukkan lebih rinci terkait dengan mobil impian yang ingin dibeli. Pada acara tersebut, Nasmoco yang merupakan dealer resmi untuk brand Toyota di Indonesia, dirasa memberikan masukkan serta bantuan yang sangat besar sebelum ia memutuskan untuk membeli mobil.

Yang menarik, Ia berkisah sangat terkesan dengan salah satu member Nasmoco yang bernama Mas Yustinus Dhomas. Ia bertemu dengan Mas Yustinus yang kebetulan bekerja di cabang Nasmoco Janti sebagai service advisor. Dari beliau, Mas Beni semakin yakin dengan pilihan untuk membeli mobil Toyota Agya model terbaru di dealer Nasmoco karena beberapa alasan. Apa saja alasannya? Sabar kita bakal bahas nanti ya.

Dan ternyata, setelah saya telusuri sosok Mas Yustinus ia bukan pribadi biasa lo kawan. Buktinya, pada event penghargaan Toyota Dealer People Award 2020 yang diselenggarakan pada bulan Februari lalu, Mas Yustinus berhasil menjadi juara pertama untuk kategori Best Service Advisor GRP.

Pantas saja baik dari sisi pelayanan ataupun Informasi yang disampaikan, sangat membantu calon konsumen dalam menentukan mobil yang tepat sebelum memutuskan untuk membeli. Mantap lah.. 😀

Berlimpah Keuntungan Fantastik 59th Nasmoco Anniversary

Dalam perbincangan saya dengan Mas Beni, Ia mengatakan bahwa salah satu alasan utama lain kenapa sangat tertarik untuk membeli mobil di Nasmoco adalah adanya event besar yang diberi nama Fantastik 59th Nasmoco Anniversary.

“Doain menang undian ya dek, siapa tahu mobilnya nanti nambah lagi,” ujar Mas Beni.

“Amin mas, tapi nanti hadiah mobilnya buat aku ya mas.” jawab ku spontan diiringi tawa kami berdua.

Event ini merupakan tanda hari lahir dari Nasmoco Group yang hingga tahun 2020 telah berusia 59 tahun. Tentu untuk sebuah bisnis, angka 59 bukanlah angka yang kecil.

“Usia 59 tahun bukanlah waktu yang singkat, 59 tahun adalah bukti intergritas dan upaya untuk tetap bertahan dalam berbagai cobaan.”

Selain itu, jika bukan merupakan bisnis yang mampu memberikan layanan terbaik bagi para konsumen, tentu Nasmoco tidak akan mendapatkan loyalitas dalam jangka waktu yang sangat lama.

Back to topic, event Fantastik 59th Nasmoco Anniversary merupakan perayaan besar yang ditandai dengan adanya beragam keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen seperti Promo Toyota Jateng & DIY.

Bahkan bisa dibilang, awal tahun ini merupakan waktu yang sangat tepat bagi para konsumen yang ingin mendapatkan mobil Toyota idaman lewat dealer resmi Nasmoco.

Kenapa eh kenapa?..

Alasannya karena ada 2 keuntungan besar yang menanti. Yang pertama adalah, dari pihak Toyota sendiri memiliki event yang diberi nama FunFest 2020. Ini merupakan promo undian bagi para konsumen Toyota di mana kita bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan beberapa mobil impian secara gratis antara lain 10 Innova Venturer dan 10 Toyota Calya. Selain itu masih ada juga dia lain seperti 20 Iwatch series 4. Mantab jiwa.

Dan keuntungan yang kedua tentunya dari event ulang tahun Nasmoco yang ke 59…

Bagi para pelanggan yang melakukan pembelian unit mobil Toyota di 24 cabang Nasmoco, memiliki kesempatan untuk memenangkan undian selama periode Februari hingga April 2020. Apa aja sih hadiah undiannya? Gak tanggung-tanggung, Nasmoco menyiapkan Grand Prize 1 unit Toyota Agya senilai 148.700.000, 1 unit Toyota Calya senilai Rp 298.400.000 dan satu unit Toyota Sienta seharga Rp 252.400.000. Itu aja? Masih ada yang lain yakni tersedia 59 TV LED 43 inci bagi para pelanggan yang beruntung.

Menurut saya pribadi event yang diadakan oleh Toyota dan Nasmoco ini merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan bagi rekan-rekan mungkin sudah mempunyai rencana untuk memiliki mobil baru.

Alasan yang pertama adalah, melihat kondisi saat ini, sebenarnya membeli mobil bukan merupakan opsi yang buruk. Selain adanya banyak fasilitas plus yang ditawarkan, kesempatan untuk mendapatkan hadiah lewat promo tentu lebih besar mengingat saingan yang lebih ringan.

Pantas saja Mas Beni minta doa supaya menang 1 mobil gratis lagi. Tapi gak papa deh, siapa tau kecipratan rejeki juga nanti, hehe.

Ditambah lagi, dari informasi yang saya dapat, Nasmoco juga memberikan fasilitas bagi para pelanggan yang ingin mendapatkan informasi hingga melakukan pembelian bahkan hanya dari rumah saja! Ini layanan yang super menarik banget. Mengingat dari yang sudah saya coba, kanal informasi terkait layanan Nasmoco itu banyak banget lo kawan. Kalau nggak bisa ke dealer, bisa buka webnya atau pakai aplikasi Nasmoco Apps. Praktis dan tetap nyaman tentunya. Iya kan? 🙂

Jadi Kenapa Harus Nasmoco?

Setelah mendengar penjelasan Mas Beni, beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan diri untuk mengunjungi dealer Nasmoco cabang Janti (sebelum pandemic Covid 19 semakin parah seperti saat ini), yang terletak di Jl. Ringroad Timur 58 A, Wonocatur Yogyakarta. Sembari berkunjung ke sanak saudara, tidak ada salahnya untuk melihat lebih dekat seperti apa salah satu cabang dari dealer resmi Toyota terbaik di Indonesia tersebut.

Pengalaman ketika pertama kali datang ke dealer Nasmoco cabang Janti Jogjakarta adalah tampilan secara keseluruhan yang nampak modern dan profesional. Selain itu, sambutan ramah dari para karyawan Nasmoco menjadi awal yang menyenangkan terlebih ruang tunggunya juga nyaman dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

Jadi secara umum saya simpulkan ada beberapa alasan mengapa harus memilih Nasmoco sebagai dealer resmi pembelian mobil Toyota.

Kesan Awal Sangat Memuaskan

Dari pengalaman pribadi, ketika saya berkunjung dan sebenarnya hanya ingin mengetahui informasi umum terbaik produk mobil, ternyata pihak Nasmoco juga memfasilitasi jika konsumen ingin melakukan test drive secara gratis.

Menurut saya ini merupakan layanan yang sangat membantu terutama bagi mereka yang masih belum terlalu sreg dengan pilihan mobilnya. Karena sensasi hands on akan lebih memastikan kemantapan hati sebelum meminang mobil impian. Bener kan 🙂

Sosok seperti Mas Yustinus yang sudah terbukti menjadi Service Advisor terbaik dari Toyota Dealer, juga menjadi nilai lebih karena dari beliau konsumen bahkan yang paling awam sekalipun seperti saya bisa mendapatkan gambaran tentang tipe mobil hingga fitur yang memang pas dan saya diperlukan.

Gaya penyampaian yang luwes dan informatif, juga jadi kelebihan dari para awak armada Nasmoco Grup. Soal yang satu ini saya sangat terkesan! Good Job Nasmoco.

Kemudahan Pembelian

Poin kedua yang saya catat adalah terkait dengan kemudahan pembelian. Sebagai informasi lagi nih, masih berkaitan dengan event Fantastik 59th Nasmoco Anniversary, juga ditawarkan banyak sekali kemudahan seperti uang muka yang ringan hingga angsuran yang sangat terjangkau. Seperti contohnya Toyota Calya DP 8 jutaan dan Angsuran 3 jutaan, atau Agya DP 9 jutaan dan Angsuran 3 jutaan (lebih murah dari pengalaman keluarga di Malang, sedih sih andai di Nasmoco aja..hiks).

Tidak hanya itu, dari pengalaman Mas Beni yang sudah melakukan pembelian unit, merasa bahwa proses pembayarannya juga sangat cepat meskipun menggunakan fasilitas tunai. Dalam waktu yang singkat baik dari sisi surat menyurat serta legalitas rampung terselesaikan dengan baik.

Tidak hanya tunai, bagi rekan-rekan yang membeli opsi kredit untuk mendapat mobil Toyota, Nasmoco juga memberikan kemudahan karena saat ini Nasmoco telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan pembiayaan besar sehingga menjamin kemudahan transaksi pelanggan.

Dari info sang negosiator nih, contohnya pada event Fantastik 59 Tahun Nasmoco, ada kerjasama antara Nasmoco dengan Toyota Astra Finance (TAF) dan Astra Credit Companies (ACC), dimana pelanggan bisa mendapatkan fasilitas DP 30 % dengan bunga 3,68%, flat selama 3 tahun. Dalam hitungan saya, ini sih sangat menarik.

Tapi sebenarnya yang paling membuat saya pengen adalah ternyata meskipun Nasmoco Grup memiliki cakupan wilayah yang berada di kawasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta, nyatanya bagi pelanggan yang berada di kawasan luar kota, tetap bisa difasilitasi pembelian mobil Toyota idamannya.

Ini karena PT New Ratna Motor yang merupakan induk dari Nasmoco Group juga tergabung dalam mitra PT Toyota Astra Motor yang memiliki jangkauan nasional. Sehingga pembelian luar daerahpun ternyata bisa.

Ini alasannya juga saya berandai, andaikan jika saya mendapatkan informasi tentang layanan terpercaya dari Nasmoco sebelum membeli di kota Malang. 🙂

Tapi nasi sudah menjadi bubur, yang bisa dijadikan pelajaran adalah, kita sebagai konsumen juga harus tetap cerdas dan memperkaya wawasan supaya tidak kecewa di kemudian hari dan bisa mendapatkan layanan terbaik. Oke…

Layanan Super Lengkap

Dan poin yang ketiga dari alasan mengapa memilih nasmoco ketika kita ingin membeli mobil Toyota adalah, layanannya yang super lengkap.

Dari informasi yang saya dapatkan di dealer Nasmoco Janti, layanan dari Nasmoco tidak hanya sebatas pembelian unit mobil melainkan juga terdapat layanan service, pembelian tukar tambah hingga kebutuhan spare part mobil yang sangat lengkap lewat unit Nasmoco Kredit dan Nasmoco Proteksi. Ini tentunya, dikarenakan Nasmoco merupakan dealer resmi dari Toyota Motor Indonesia, bahkan bisa dibilang yang terbaik di Indonesia saat ini malahan.

Lagi lagi ada sebuah pengalaman menari ketika saya melihat bengkel perawatan Nasmoco Janti. Ketika berada di kondisi bencana pandemi virus Corona seperti saat ini, Nasmoco juga memberikan perhatian khusus dengan tujuan utamakan kenyamanan pelanggan. Salah satunya adalah, adanya layanan service Toyota di Nasmoco yang memastikan kondisi mobil tidak hanya prima namun juga terbebas dari potensi virus Corona.

Dengan melakukan penyemprotan air desinfektan khusus yang aman untuk interior mobil, dengan begitu kondisi mobil ketika keluar dari tempat service sudah terjamin bersih dan nyaman digunakan.

Jadi untuk rekan-rekan yang mungkin tertarik atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa mengunjungi:

Sekilas Tentang Perusahaan Nasmoco

Nah, itulah beberapa alasan utama yang saya tangkap dari pengalaman pribadi, mengapa saya yakin mempercayakan pembelian mobil Toyota di Nasmoco. Namun tentu tidak afdol jika kita tidak mengenal sekilas tentang perusahaan Nasmoco itu sendiri.

Dari laman website resmi Nasmoco.co.id, perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1961 di bawah panji PT Ratna Dewi Motor berkat inisiasi dari para pendirinya yakni Bapak AH. Budi (alm), Bapak Hadi Soejanto (alm), Bapak Bambang BudiHariono (alm) dan Bapak H. Zoebaidi Maksoem (alm).

Menjadi salah satu dealer mobil yang mendapatkan kepercayaan tidak hanya dari pemerintah daerah namun juga masyarakat sekitar, PT Ratna Dewi Motor akhirnya didapuk sebagai dealer utama PT Toyota Astra Motor untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keteguhan visi serta misi untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan, memang bukanlah proses yang mudah untuk dilalui selama hampir 60 tahun berkarya. Dan sebagai bukti, perusahaan yang sudah mempunyai puluhan cabang di seluruh Jawa Tengah dan DIY ini, tetap menjadi pilihan utama bagi pribadi atau perusahaan yang membutuhkan produk mobil Toyota.

Dari pandangan saya pribadi sebagai seorang penggiat bisnis berbasis digital, saya sangat yakin bahwa usia yang telah menginjak angka 59 bagi Nasmoco adalah bukti integritas serta upaya untuk terus bertahan dalam kondisi iklim bisnis nasional yang tidak selalu tenang. Tetap tegak di usia matang, Nasmoco memberi gambaran akan sosok perusahaan yang mampu menjadi panutan.

Selamat ulang tahun bagi Nasmoco, terima kasih untuk layanan dan upaya terbaik bagi kami para konsumen.

Sukses selalu.

Salam,

Mochamad Majid

Mau tau tulisan saya selanjutnya?

    We will process the personal data you have supplied in accordance with our privacy policy.