REVIEW – TEKNOLOGI – OPINI

Pahami Literasi Digital, Kunci Sukses Berbekal Internet di 2021

REVIEW – TEKNOLOGI – OPINI

Pahami Literasi Digital, Kunci Sukses Berbekal Internet di 2021

Published on Desember 02, 2020

by Mochamad Majid Al Hakim

“Kalau nggak berubah, ya kita yang bakal bubrah mas. Kalau gak kalah sama lawan, ya kalah sama zaman.”

Petikan kata-kata di atas, meluncur tegas dari mulut seorang pedagang muda bernama Andi, ketika om tanya tentang bagaimana ia memandang cara menghadapi persaingan.

Sebagai pembuka, Om Majid mau sedikit bercerita tentang pengalaman beberapa waktu lalu ketika membuat liputan sederhana dalam sebuah acara bersama sebuah penyedia layanan internet di Kota Kediri. Kala itu om berkesempatan untuk bincang santai dengan seorang penjual sayur mayur di Pasar Setono Betek, Kediri, bernama Mas Andi.

Di balik sosoknya yang sederhana, pria muda berkacamata ini nyatanya menyimpan cerita inspiratif yang menurut Om sangat layak untuk di sebarluaskan. Bagaimana tidak, ketika dunia persaingan usaha selalu menampilkan tantangan serta masalah nyata, Mas Andi justru tak gentar dan seakan sudah menyediakan amunisi perang, yakni lewat pemanfaatan teknologi internet.

Sejak hampir 3 tahun lalu, ia sudah memanfaatkan internet untuk memperlancar usaha jual beli sayur mayur yang ia jalankan. Berbekal media sosial dan daftar langganan yang ia kenal, perlahan namun pasti usaha sayur miliknya mampu berkembang pesat.

Bahkan di tengah pandemi seperti saat ini, usahanya seakan “menolak mati”. Dia bilang sih, internet itu sakti.. hehe

“Makanya zaman sekarang kita itu harus jemput bola bukan nunggu bola.”

Ada beberapa hal yang bisa Om pelajari dari sosok Mas Andi. Pertama bagaimana Ia berani mengambil langkah berbeda dari para kompetitor dalam lingkup usaha yang sama. Ketika mungkin penjual lain berpikir bahwa internet adalah hal yang sulit, ribet dan belum tentu menguntungkan, Mas Andi berani mencoba peruntungan berjualan sayur via online.

Pelajaran kedua, dalam proses mencoba hal baru, langkah mas Andi tentu tidak selamanya tanpa jalan berbatu. Menumbuhkan kepercayaan konsumen untuk mau berbelanja secara online, dengan tagline belanja sayur lebih mudah dan simple bahkan tanpa harus keluar rumah, adalah tantangan pertama. Tantangan berikutnya, ia diharuskan merancang sistem sederhana bagaimana ia membagi waktu mulai dari manajemen produk, harga serta pengiriman yang harus dilakukan dalam satu waktu.

Tapi nyatanya ia berhasil, om salut bagaimana keberanian mengambil langkah baru yang dibarengi dengan kerja keras bisa melahirkan kesuksesan.

Pelajaran yang ketiga adalah, strategi jemput bola yang ia terapkan. Meskipun bukan gelangdang atau penyerang, nyatanya keberanian Mas Andi menggocek dan menjemput bola, layak untuk diapresiasi. Ketika konsumen enggan datang, ia lah yang akan mengantarkan kebutuhan pelanggan.

Yang menarik jika kita tarik benang panjang, Mas Andi seakan sudah melihat masa depan saat memutuskan hijrah ke lain ranah, yaitu ranah online. Di saat masa pandemi seperti ini, inovasi sayur online ala Mas Andi justru yang banyak dicari.

Tak mengherankan, terakhir Om tanyakan, lapak beliau sudah “beranak” demikian juga dengan karyawannya yang makin banyak. Syukur Alhamdulillah..

Menjemput Sukses Di 2021

Dalam beberapa waktu ke depan kita akan memasuki tahun 2021. Om Majid ucapkan selamat tahun baru, namun selain itu selamat datang juga pada gerbang masa depan yang semakin menantang!

Faktanya, 2020 menjadi tahun yang bagi kebanyakan orang dianggap sebagai tahun “gelap”, akibat munculnya berbagai permasalahan pasca Pandemi Covid-19 menyerang.

Bukan hanya negara api saja, pandemi ini juga mampu melumpuhkan hampir semua sendi kehidupan masyarakat tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh penjuru dunia.

Back to topic, Om merasa tahun 2021 perlu sesuatu yang baru. Perlu penyegaran, perlu inovasi, perlu sesuatu yang mampu membawa perubahan positif utamanya dalam hal kesuksesan kita bersama.

Dan pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara memanfaatkan internet sebagai langkah baru mencapai kesuksesan.

Note: perlu om tekankan bahwa penjelasan yang akan om berikan mungkin terdengar sederhana dan remeh. Namun jika difahami lebih dalam, tips sederhana tersebut merupakan salah satu kunci untuk membuka kesuksesan kita dalam memanfaatkan internet di era baru.

Internet, internet dan internet. Sejak kemunculannya, makhluk yang bukan “indomie telur kornet” ini, mampu memberikan perubahan masif dalam tatanan kehidupan umat manusia.

Pengaruh internet tidak hanya dalam bidang usaha, namun juga komunikasi, ilmu pengetahuan, hingga gaya hidup seseorang. Bahkan banyak pakar yang mengatakan bahwa, siapa yang terlambat memanfaatkan internet maka ia sudah merencanakan kegagalannya sendiri di masa mendatang.

Ketika bicara tentang manfaat internet, tentu sudah sangat banyak sekali referensi yang bisa kita temukan dan di bahas dalam artikel lain. Oleh karena itu pada kesempatan ini, ijinkan om memperkenalkan sisi lain dari internet yang amat penting namun masih belum banyak kita ketahui.

Apakah itu? yakni Digital Literacy atau literasi digital.

Literasi Digital di Era Millennial

Seperti yang telah om sampaikan sebelumnya, ada satu sisi dari pemanfaatan teknologi internet yang masih belum banyak diketahui atau diulik, yakni literasi digital.

Jika tentang fungsi, potensi serta manfaat internet tentu sudah seabrek yang bisa kita dapatkan. Namun untuk literasi digital menurut om masih perlu mendapat lebih banyak spotlite mengingat pentingnya ilmu yang satu ini.

Secara istilah, literasi digital merupakan kemampuan dimana seseorang dapat tidak hanya membaca informasi lewat media digital namun juga piawai mencari, mengidentifikasi, mengevaluasi serta menggunakan informasi tersebut secara tepat dan bijak.

Mudahnya, kita mungkin sering mendapat informasi lewat media digital atau internet, namun apakah kemudian kita mampu memproses informasi tersebut dengan baik?

Semisal ni om kasih contoh, kita mendapat informasi tentang terjadinya sebuah kecelakaan di sebuah lokasi yang kabarnya melibatkan orang yang kita kenal. Jika seseorang mempunyai kemampuan literasi digital yang baik, maka ia tidak langsung panik melainkan melakukan pengecekan terlebih dahulu terkait kevalidan informasi yang diterima.

Bisa dengan mencari informasi tambahan, mengecek kredibilitas sumber informasi hingga memanfaatkan aplikasi layanan digital lain untuk meng-kroscek informasi yang didapat.

Pada sebuah referensi dari Tech Boomers, menyebut bahwa ada kebermanfaatan besar yang bisa kita dapatkan dengan meningkatkan kemampuan literasi digital. Mulai dari pemanfaatan aplikasi yang mempermudah hidup, menjaga keamanan data privasi, menemukan alternatif hiburan digital yang tepat, peningkatan produktivitas hingga seperti yang akan kita bahas yakni untuk mencapai kesuksesan utamanya memanfaatkan media internet.

Bahkan tidak berlebihan jika disebut bahwa pengetahuan literasi digital akan menentukan kemampuan bertahan seseorang di era modern yang dipenuhi teknologi masa depan.

Pondasi Vital Pada Literasi Digital

Lebih lanjut bicara tentang literasi digital, ada lima pondasi utama yang menyusun kemampuan tersebut. Lima pondasi ini yakni digital searching yang efektif, perlindungan informasi pribadi, memberikan credit, pemahaman tentang jejak digital dan yang terakhir adalah penghargaan terhadap opini.

Pada kenyataannya, untuk bisa memperoleh kesuksesan via Internet dalam berbagai bidang kita tetap harus memiliki lima aspek tersebut dalam diri kita. Dan hal tersebut adalah sesuatu yang terkadang diabaikan dan jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang.

Asal bisa ngetik di Google, kita sudah merasa bisa internet-an. Asal punya aku media sosial, kita lupa pada aspek keamanaan. Pandai berkoar di kolom komentar, namun jarang menerapkan nilai etika pergaulan digital.

Padahal kalau aktivitas digital kita ngasal, bukan gak mungkin lo kita bakal ketiban “sial”, ujung-ujung menyesal.

Lalu mengerucut pada upaya untuk mendapatkan kesuksesan lewat internet. Pertanyaannya, Om kalau tidak menguasai semua aspek apa tidak bisa sukses?

Jawabnya tentu bisa saja sukses, namun kesuksesan yang kita dapatkan akan bersifat lebih rentan baik dalam sisi keberlanjutan atau menghadapi tantangan kedepannya.

Sebelum lanjut, perlu dipahami bahwa kesuksesan yang akan dibahas di bawah ini bersifat menyeluruh dan tidak terbatas pada satu tujuan saja, semisal sukses secara finansial.

Intinya adalah, kita harus siap dan mau untuk mencoba hal baru, tantangan baru.

Tidak perlu panik dulu.

Sudah om siapkan, beberapa tips sederhana sukses via internet namun efeknya bisa sangat luar biasa. Penasaran? yuk lanjut gan!

Pencarian Digital yang Efektif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pilar pertama penyokong kesuksesan lewat internet adalah kemampuan dalam digital searching atau pencarian yang efektif.

Jika ditanya, siapa sih yang tidak kenal mbah Google dan belum pernah mencari sesuatu di Google? tentu mayoritas rekan-rekan pembaca sekalian sudah fasih melakukan aktivitas yang satu ini.

Dikenal dengan nama lain surfing atau berselancar maya, melakukan pencarian digital sudah menjadi aktivitas lumrah untuk mendukung berbagai keperluan sehari-hari.

Namun, untuk bisa disebut memiliki kemampuan literasi digital yang baik, seseorang tidak hanya bisa mencari, namun lebih ke arah bagaimana kita memilih kata kunci yang tepat sehingga hasil yang muncul juga lebih akurat.

Dari pengalaman Om sendiri, hal yang perlu juga diperhatikan adalah apakah media website, blog atau dokumen online yang kita temukan merupakan sumber yang kredibel. Karena hal tersebut juga menentukan upaya pencarian digital kita bisa dibilang efektif atau tidak.

Tips dan trik sukses ala om:

Di bidang pendidikan sebagai contoh, ketika kita sedang mencari referensi artikel atau tulisan ilmiah terkait dengan sebuah tema tertentu, kita cenderung akan menuliskan keyword yang berlebihan dan panjang.

Contoh:

kata kunci : “artikel tentang hewan berjenis karnivora beserta contohnya”

Apakah memasukkan kata kunci tersebut salah? Tidak juga, namun ada cara yang lebih efektif yakni kita tidak perlu memasukkan kata-kata sambung atau awalan dan masukkan saja kata kunci pokok yang sedang kita cari.

Pada kasus di atas kita tinggal memasukkan

kata kunci :  “pengertian hewan karnivora”

Percaya atau tidak, dari pengalaman Om sendiri (dulu ceritanya juga pernah jadi anak sekolahan lo ya), memasukkan kata kunci dengan imbuhan kata sambung, awalan atau akhiran, justru akan memunculkan hasil pencarian yang “meluas” dan tidak fokus.

Tidak percaya? Silakan lihat gambar di bawah ini.

Kata Kunci PanjangKata Kunci Efektif

Bisa dilihat bahwa untuk kata kunci yang panjang, kita akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih berfokus pada contoh dari hewan karnivora. Selain itu jika kita telisik lebih dalam lagi, sumber hasil pencarian yang muncul dalam deretan atas (3 dan 4), bisa dibilang bukan merupakan situs yang memang berfokus pada bidang yang sedang kita cari.

Sedangkan pada penggunaan kata kunci yang lebih efektif, kita mendapatkan hasil pencarian yang tidak hanya spesifik namun juga menunjukkan situs yang bisa dibilang memiliki kredibilitas baik di bidang itu (dalam hal ini sains).

Selain itu silakan dilihat, terdapat fitur yang dinamakan cuplikan pilihan. Fitur ini akan menunjukkan beberapa alternatif pertanyaan lain yang mungkin akan membantu kita. Fitur ini tentu juga memberikan rujukan situs yang dianggap kredibel atau bisa dipercaya.

Pertanyaannya kemudian, apakah ini hanya dapat digunakan oleh siswa ataupun guru yang sedang mencari referensi?

Sudah pasti jawabannya TIDAK.

Karena pencarian menggunakan kata kunci yang tepat juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti di bidang bisnis, bagaimana kita mencari pasar yang tepat, dalam upaya pencarian lowongan kerja untuk memberikan hasil yang lebih akurat dan up to date, hingga keperluan hiburan seperti ketika kita mencari judul film atau lagu yang ingin kita dengar.

Mengingatkan kembali, seperti yang Om sampaikan sebelumnya, tujuan kesuksesan yang akan kita bahas bisa berarti luas.

Seperti misalnya untuk mencari hiburan, sukses menemukan video yang memang kita sedang gemari, juga merupakan bentuk kesuksesan dalam hidup lo. So harus dipahami secara luas ya kawan-kawan.

Mengetahui Kredibilitas Sumber Informasi

Berikutnya yang tidak kalah penting, sebagai langkah baru menuju kesuksesan menggunakan internet adalah kemampuan untuk mengetahui kredibilitas dari sumber yang kita dapatkan.

Sudah disinggung sebelumnya, bagaimana pentingnya kredibilitas sumber informasi yang kita dapatkan dalam kasus yang sudah Om contohkan yakni ketika kita mendapat info kecelakaan. Kita harus tenang dan mencari informasi yang lebih jelas.

Kenapa ini menjadi sangat penting? Alasannya adalah karena saat ini informasi palsu atau hoax sudah menjadi bagian yang sulit terpisahkan dari sistem informasi digital. Belum lagi informasi salah yang memang ditujukan untuk melakukan tindak kejahatan, seperti penipuan, pencurian identitas, hingga beragam bentuk kejahatan digital lainnya.

Salah salah, bukan kesuksesan namun kita justru bisa jatuh pada jurang permasalahan akibat termakan informasi tidak jelas.

Tips dan trik sukses ala Om:

Kali ini om akan lebih berfokus pada rekan-rekan yang saat ini mungkin berstatus sebagai prakerja baik karena belum menemukan pekerjaan atau baru saja mendapat pemutusan hubungan kerja akibat pandemi Corona.

Om sendiri secara tidak langsung juga merasakan dampak dari pandemi. Banyak rekan dan saudara yang harus berpikir kembali bagaimana menyambung hidup di tengah kondisi yang tidak pasti.

Oleh karena itu agar upaya kita untuk bangkit dan meraih kesuksesan di tahun 2021, tidak malah menjadi tambahan masalah, kita harus meningkatkan kemampuan literasi digital dalam hal ini mengetahui kredibilitas situs atau sumber yang akan kita baca atau ikuti.

Sebagai catatan dari Om, mungkin beberapa saran yang Om sampaikan terdengar sederhana dan remeh. Namun percayalah kawan di luar sana banyak sekali teman-teman kita yang masih sangat awam sekali dalam urusan digital searching, dan mereka sangat memerlukan edukasi.

Ok, yang pertama adalah, saat ini umum di cari informasi yang berkaitan tentang bantuan langsung yang diberikan pemerintah. Atau informasi yang berkaitan dengan prakerja serta peluang lain.

Seperti contohnya pada gambar di atas, kita bisa melihat untuk kata kunci “cara daftar prakerja”, muncul beberapa opsi situs dimana kita bisa mendapatkan informasi.

Sebagai gambaran umum, kredibilitas sebuah situs bisa dilihat dari yang pertama adalah ekstensi domain dari website tersebut.

Apa itu ekstensi domain?

Simplenya, teman-teman bisa melihat pada gambar di atas, hasil pencarian yang pertama adalah Tribunnews.com dan yang kedua ada Prakerja.go.id.

Nah, .com serta .go.id inilah yang disebut dengan ekstensi domain.

Lalu apa hubungannya dengan kredibilitas situs?

Khusus membahas tentang rekan-rekan prakerja, umumnya situs atau website milik pemerintah dapat dikatakan lebih terpercaya dibanding situs non pemerintah. Namun bukan artinya situs seperti  Tribunnews tidak kredibel. Hanya berbeda kasus dan fungsi.

Melainkan, dengan mengunjungi situs yang asli disediakan oleh pemerintah kita tidak hanya akan mendapat informasi resmi namun juga bisa langsung melakukan proses registrasi atau pendaftaran untuk mengikuti sebuah program yang diadakan oleh pemerintah.

Kembali lagi, untuk mudahnya, situs pemerintahan umumnya memiliki ekstensi .go.id. Meskipun ada pula yang menggunakan ekstensi .com, namun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Mungkin ini nampaknya sederhana, namun pada kenyataannya banyak yang terjebak dan justru berakhir disitus abal-abal dengan informasi yang tidak jelas pula.

Kembali lagi Om mengingatkan, potensi kejahatan digital seperti pencurian identitas hingga penipuan, sangatlah besar. Oleh karena itu untuk bisa memperoleh kesuksesan, kita harus memperhatikan dari hal sekecil apapun.

Masih terkait dengan kredibilitas situs, sama dengan poin sebelumnya, ini juga sangat penting untuk diterapkan bagi para pencari kesuksesan di bidang lain. Seperti bagaimana kita mencari penyedia barang dan jasa yang dapat dipercaya hingga mungkin informasi jual beli online yang lebih aman dan terpercaya.

Data Pribadi Dan Jejak Digital

Poin terakhir yang ingin Om Majid sampaikan pada artikel kali ini adalah terkait tentang pentingnya menjaga informasi pribadi serta memahami jejak digital.

Pertama tentang informasi pribadi, kita semua tahu pada era digital seperti saat ini data bisa diibaratkan layaknya emas. Siapa yang memiliki banyak data, mereka yang akan menguasai dunia.

Tidak mengherankan jika kemudian kita sering mendengar, “situs A” mengalami kebocoran data dan merugikan perusahaan dalam jumlah yang sangat besar.

Ini tidak lain berkaitan dengan begitu berharganya informasi pribadi yang kita miliki.

Jika dihubungkan dengan jejak digital, merupakan segala sesuatu yang pernah kita tulis atau unggah lewat media online, baik website, blog, email, media sosial dan lain sebagainya.

Bahayanya, jejak digital merupakan hal yang sulit terhapuskan. Sekalinya tersebar, foto, video atau tulisan tersebut akan tetap ada dan terus menyebar dalam jumlah yang tidak bisa kita bayangkan.

Ingat kasus video 18 detik yang panas beberapa minggu belakangan? Nah, itulah salah satu contoh ganasnya jejak digital. (mohon difahami dalam sisi positifnya ya kawan, hehe)

Kejam? Namun memang itulah faktanya. Dan bagi kita yang ingin mencoba langkah baru untuk sukses lewat internet, memahami keamanan informasi pribadi adalah hal yang wajib dimiliki.

Tips dan trik sukses ala om:

Untuk poin yang satu ini, Om akan coba fokus pada mereka yang berkecimpung di dunia pembuatan konten. Mengapa? Karena bisa dibilang para content creator inilah yang menjadi sasaran paling empuk bagi kejahatan penyalahgunaan identitas.

Bagi Om sendiri, content creator itu sangat luas artinya. Para pembuat video Youtube, selebgram, tiktokers, hingga blogger bisa dikategorikan sebagai pembuat konten dalam ranah nya masing-masing.

Nah, tips untuk menunjang kesuksesan para content creator adalah dengan memanfaatkan layanan yang mendukung keamanan data diri.

Yang paling sering dan rentan untuk salah gunakan adalah password. Nah siapa nih teman-teman yang sering buat password mudah ditebak atau pakai tanggal lahir?

Mulai sekarang akan lebih baik jika kita menyisihkan perhatian khusus untuk membuat password yang lebih rumit dan sulit tebak.

Sebenarnya kita bisa menggunakan aplikasi pembuat password, ada yang berbayar ataupun ada juga yang gratis. Di lain sisi, ada juga website atau situs media sosial yang memberikan pilihan kata kunci atau password ketika mendaftar.

Namun permasalahannya, password tersebut hampir tidak mungkin bisa kita ingat dengan mudah karena kombinasi huruf dan angka yang sangat acak.

Lalu gimana dong Om solusi mudahnya?

Tidak ada yang mudah sih, tapi dengan membuat sendiri password mungkin akan lebih mudah untuk diingat. Tipsnya, mulai dengan menentukan satu kata yang sangat mudah untuk kita ingat.

Bisa nama seseorang, nama hewan peliharaan, atau nama apapun yang memang sangat awam dan sering kita sebut sehari-hari.

Nah dari situ, kita tinggal mengubah huruf yang mirip dengan angka kemudian memilih satu atau dua huruf untuk dijadikan huruf besar atau huruf kapital.

Contoh :

“giselagempi” menjadi>>> “g15el@Gemp1”

Menurut Om, ini adalah cara yang paling sederhana untuk membuat password kita lebih aman namun masih mudah untuk diingat.

Dan khusus untuk teman-teman yang mempunyai situs pribadi atau blog, menjaga keamanan data juga merupakan salah satu langkah untuk pendukung kesuksesan.

Sehubungan dengan itu, yang tidak boleh kesampingkan adalah ketika kita membangun situs yakni untuk memilih penyedia jasa hosting yang handal dan dapat dipercaya. Ini masih sejalan dengan 2 poin sebelumnya, memilih “lahan” membangun situs tidak hanya memperhatikan Hosting Murah saja namun juga wajib mempertanyakan seperti apa kualitas serta kredibilitasnya.

Untuk penyedia jasa Hosting Indonesia, pilihannya tentu sangat banyak. Namun salah satu yang Om Majid bisa rekomendasikan adalah penyedia jasa hosting Qwords.

Mungkin tidak akan banyak yang Om sampaikan, karena jika ingin membahas kelebihan serta fitur melimpah yang ditawarkan, rekan-rekan bisa langsung mengunjungi tautan resminya di Qwords.com.

Namun karena om lebih suka bercerita, ada 1 pengalaman menarik Om bersama penyedia jasa hosting Qwords.

Jujur, awalnya om belum terlalu banyak mengetahui tentang Qwords. Namun mungkin layaknya jalan kisah cinta ala orang Jawa, “Tresno Jalaran Soko Kulino”, juga menjadi benang merah awal pertemuan kita, ecieee, kaya apa aja om.

Tapi beneran, awalnya yang justru mengenal lebih dulu adalah istri om. Dalam acara kampusnya, sebut saja si tante, di dapuk sebagai salah satu anggota tim pengembang website program studi. Dan tebak apa hosting yang digunakan? Yup, Qwords.

Dari dari situ om yang akhirnya ikut kecipratan harus mengelola web prodi, tentu harus mengetahui seperti apa sih fitur hingga performa yang ditawarkan oleh hosting Qwords.

Sekitar 1 bulan lamanya melakukan pengembangan dan maintenance situs, om merasa bahwa salah satu hal yang istimewa dari Qwords dan juga sangat vital menurut saya adalah pelayanan customer service-nya.

Lets see, jika kita bicara tentang fitur seperti kapasitas penyimpanan, RAM, add on domain, database dan lain sebagainya, saya rasa untuk kaum value for money, apa yang ditawarkan satu penyedia jasa hosting dengan yang lain hampir lah sama.

Namun akan beda ceritanya jika di tengah jalan kita mengalami kendala atau performa layanan yang menurun. Nah disinilah pentingnya layanan customer service.

Pernah satu waktu, website terasa “alot” saat loading. Padahal awalnya biasa saja. Setelah coba om optimasi sendiri (dengan asumsi kesalahan ada pada plugin atau theme yang baru di unggah), namun tidak ketemu permasalahannya.

Jadilah Om hubungi customer service dari Qwords, padahal waktu itu sudah cukup sore.

Dari situlah om dilayani dengan SOP yang baik. Sebagai sahabat Qwords, om ditanyakan masalahnya seperti apa, detilnya seperti apa, diharap menunggu dan tentunya dalam waktu tidak terlalu lama sudah mendapatkan jawaban untuk masalah loading berat yakni pada pengaturan PHP yang perlu di tingkatkan.

Yang menarik adalah tidak hanya memberikan solusi terhadap permasalahan yang saya ajukan, mas-mas customer service nya juga memberikan saran untuk saya mengubah salah satu plugin yang ternyata kurang cocok dan justru bisa menimbulkan masalah keamanan kedepannya (pada waktu itu pluigin untuk keperluan login website).

Selain itu mas nya juga sabar menjawab berbagai pertanyaan yang bahkan mungkin sangat sederhana. Good job Qwords 🙂

Dan begitulah, dari pengalaman tersebut om jadi memiliki respect lebih pada penyedia layanan hosting Qwords. Bukan tanpa alasan, karena jika sebuah penyedia jasa sudah mau memperhatikan keluhan konsumen bahkan dalam hal sekecil apapun, itu jadi bukti bahwa mereka dapat diandalkan ke depannya.

Sesuai dengan harapan kita untuk mendapatkan kesuksesan di ranah internet, bagi teman-teman yang mempunyai website atau baru ingin membuat, nampaknya pertimbangan pemilihan hosting juga bisa jadi kunci menuju gerbang keberhasilan.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa ditarik dari pembahasan singkat kita kali ini adalah, terkadang hal terberat untuk memulai sesuatu yang baru demi mendapatkan kesuksesan letak pada langkah pertama. Dan om sendiri merasa bahwa, ada banyak sekali dari rekan-rekan kita yang pada akhirnya belum berhasil menemui jalan sukses, dikarenakan langkah pertama yang kurang tepat.

Semoga pembahasan tentang Literasi Digital yang dirangkum bersama tips implementatif di atas, bisa menjadi pendukung langkah pertama rekan-rekan memasuki rimba maya yang penuh potensi namun juga bahaya.

Merangkum kembali, sebagai langkah baru sukses lewat internet, setidaknya kita perlu memperhatikan 3 hal yakni bagaimana kita meningkatkan kemampuan pencarian digital yang efektif, mengetahui kredibilitas sumber informasi dan faham akan keamanan data pribadi.

Ibarat gelap, ilmu bisa menjadi obor sehinggga kita tidak tersesat. ibarat panas gersang, meski sederhana ia bisa menjadi payung penenang, membuat jalan kita terasa lebih aman.

Dan sebagai penutup, ada video inspiratif penggugah semangat bagi rekan-rekan untuk memulai Langkah Baru Sukses Lewat Internet.

Pastinya ia dulunya juga sosok yang berani mencoba hal baru hingga menemukan kesuksesan bersama internet.

Bukan sosok sembarangan lo yang om undang. Siapa dia?

Wajib banget deh buat di simak, hehe

*** Artikel ini disertakan pada “Qwords Blog Competition 2020” dengan tema Langkah Baru untuk Sukses Lewat Internet

Mau tau tulisan saya selanjutnya?

We will process the personal data you have supplied in accordance with our privacy policy.